Mulyanti, Feblia (2012) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI Semester 2 SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_FEBLIA MULYANTI_86190_2012.pdf [thumbnail of B1_3_FEBLIA MULYANTI_86190_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_FEBLIA MULYANTI_86190_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pada pembelajaran biologi siswa dituntut untuk menghubungkan konsepdengan keadaan di sekitarnya, seperti pada materi sistem ekskresi. Untuk dapatmembantu siswa dalam belajar secara optimal sesuai tuntutan pembelajaran, makadalam pembelajaran digunakan pendekatan lingkungan dan menggunakan bahanajar yaitu Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis kontekstual. LKS adalahlembaran kegiatan yang berisi informasi agar siswa dapat melaksanakan sendirikegiatan pembelajaran melalui praktek atau penerapan hasil belajar untukmencapai tujuan pembelajaran. Pentingnya pengembangan LKS berbasiskontekstual ini karena selama ini LKS untuk materi sistem ekskresi yangdigunakan di sekolah masih sederhana dan hanya berisi informasi verbal tentangkonsep-konsep biologi, sehingga kurang memadai jika digunakan dalampembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuanmenghasilkan LKS berbasis kontekstual pada materi sistem ekskresi yang validdan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan4-D models yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefinisian(define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran(disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Pada tahapdefine dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis tugas. Pada tahapdesign dilakukan perancangan LKS berbasis kontekstual. Pada tahap developdilakukan uji validitas oleh validator (3 orang dosen biologi dan 3 orang gurubiologi SMA) dan uji praktikalitas oleh guru biologi dan siswa kelas XI SMA.Data dianalisis dengan analisis deskriptif.Dari penelitian dihasilkan produk berupa LKS berbasis kontekstual padamateri sistem ekskresi di kelas XI semester II SMA. LKS yang dihasilkandikategorikan valid oleh validator baik dari segi didaktik, konstruksi, maupunteknis dengan nilai validitas 82,64%. LKS yang dihasilkan juga dikategorikanpraktis dari segi kemudahan penggunaan dan efisiensi waktu dalam pembelajarandengan nilai praktikalitas dari guru 87,50% dan dari siswa 89,68%. LKS jugadikatakan baik dilihat dari respons guru dengan nilai 87,50% dan 89,40% darisiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KEGIATAN SISWA, SISTEM EKSKRESI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:25 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5092 |