Annisa, Nurul (2021) Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NURUL_ANNISA_17078132_3532_2021.pdf [thumbnail of B1_02_NURUL_ANNISA_17078132_3532_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NURUL_ANNISA_17078132_3532_2021.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya konsumen yang memiliki sikap konsumtif dalam membeli sebuah produk kosmetik, terutama dikalangan mahasiswa. Konsumen beranggapan bahwa produk yang menggunakan brand ambassador adalah produk yang baik dan sesuai untuk mereka. Padahal, masih banyak produk tanpa brand ambassador yang memiliki
kualitas produk yang baik dan juga sesuai dengan kebutuhan konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian kosmetik dekoratif mahasiswa Program Studi Tata
Rias dan Kecantikan, 2) mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik dekoratif mahasiswa Program Studi Tata Rias dan Kecantikan, dan 3) mengetahui pengaruh brand ambassador dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian kosmetik dekoratif mahasiswa Program Studi Tata Rias dan Kecantikan.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode Ex post Fact. Variabel yang digunakan adalah brand ambassador,kualitas produk sebagai variabel independen dan keputusan pembelian kosmetik sebagai variabel dependen. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2018 dan 2019 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling. Jenis data menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data berupa
angket atau kesioner. Instrumen penelitian adalah penyebaran angket melalui Google From. Ujicoba instrumen dalam penelitian ini adalah uji coba validitas
dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara brand ambassador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik mahasiswa program studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Hal ini dapat dilihat bahwa brand
ambassador berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 43,1%, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 68,5%, serta brand ambassador dan kualitas produk
secara bersama sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 71,2%. Jadi, secara keseluruhan setiap variabel memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik. Disarankan agar
konsumen dapat menjadi konsumen yang lebih cerdas dan tidak menjadi konsumen yang konsumtif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:29 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5014 |