Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gender untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Junita, Meili (2022) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gender untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MEILI_JUNITA_17124102_3049_2022.pdf] Text
B1_1_MEILI_JUNITA_17124102_3049_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan representasi
matematis siswa SDN Gugus I Kecamatan Payakumbuh Barat. Sementara itu,
kemampuan representasi matematis memiliki peranan penting dalam membantu
siswa memecahkan masalah matematis. Siswa yang memiliki kemampuan
representasi yang baik maka akan baik pula dalam memecahkan masalah
matematis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan
pendekatan open ended. Penelitian ini juga melihat apakah gender berpengaruh
terhadap kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Payakumbuh Barat. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb SDN 28 Payakumbuh kecamatan
Payakumbuh Barat. Data penelitian diperoleh dari hasil tes. Analisis data
menggunakan uji anova dua arah.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan representasi matematis
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open ended lebih baik
dari yang menggunakan pendekatan konvensional. 2) Kemampuan representasi
matematis siswa laki-laki tidak lebih baik dari siswa perempuan. 3) Terdapat
interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender dalam mempengaruhi
kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open Ended, Gender dan Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:52
Last Modified: 27 Mar 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item
View Item