Pengembangan Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah

Susanty, Meida (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MEIDA_SUSANTY_19330017_5211_2022.pdf] Text
B1_1_MEIDA_SUSANTY_19330017_5211_2022.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada
riset awal. Aspek yang belum berkembang adalah keterampilan berbicara dan
karakter anak dengan menggunakan media yang kurang bervariasi dan kurang
menarik bagi anak. Kebutuhan anak usia dini akan sebuah media pembelajaran
yang menarik, menyenangkan dan inovatif dalam pembelajaran dengan nilai Al
Islam Kemuhammadiyahan sebagai kurikulum khas pada lembaga pendidikan
Muhammadiyah/Aisyiyah. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah
produk berupa media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran yang
memuat nilai Al Islam Kemuhammadiyahan untuk meningkatkan keterampilan
berbicara dan karakter anak usia 5-6 tahun pada TK Aisyiyah. Jenis penelitian ini
adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis,
design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan
data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan angket untuk uji
validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian
bahwa pengembangan media video pembelajaran AIK pada tahap analysis yaitu
media video pembelajaran AIK untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan
karakter anak sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan
dengan menyusun kompetensi dasar dan indikator, tema, subtema dan subsubtema
dengan materi yang akan digunakan, kemudian merancang rencana
pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format media yang digunakan dan
rancangan awal produk, mencari aset gambar, merancang storyboard, mendesain
produk video pembelajaran AIK, yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan dan
tujuan pembelajaran, selanjutnya membuat instrumen validitas produk, instrumen
praktikalitas dan instrumen efektifitas. Tahap development, menghasilkan media
video pembelajaran AIK yang dinyatakan sangat valid oleh materi dengan
persentase 94,28%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase
93,33% dan validasi ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan persentase 96%.
Tahap implementation, media video pembelajaran AIK dinyatakan sangat praktis
dari hasil analisis respon guru dengan persentase 94,11% dan dalam
meningkatkan keterampilan berbicara anak dinyatakan sangat efektif dengan
persentase 85,41% dan sebesar 85,5% untuk karakter anak. Tahap evalution,
video pembelajaran AIK dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Media
video pembelajaran AIK untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter
anak usia 5-6 tahun dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Al-Islam Kemuhammadiyahan, Keterampilan Berbicara, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:49
Last Modified: 27 Mar 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item
View Item