Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang

Oktavani, Media (2013) Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MEDIA_OKTAVANI_110424_4820_2014.pdf] Text
B1_1_MEDIA_OKTAVANI_110424_4820_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peningkatan pembelajaran
tematik dengan menggunakan pendekatan cooperative tipe TPS di kelas III SD
Negeri 06 Kampung Lapai Kota Padang. Karena berdasarkan observasi diperoleh
bahwa kemampuan pembelajaran tematik peserta didik masih rendah,
penyebabnya guru tidak menggunakan pendekatan yang tepat, mata pelajaran
secara terpisah-pisah, metode yang digunakan tidak bervariasi sehingga peserta
didik secara tidak langsung masuk dalam kondisi pengajaran yang verbalistik.
Selain itu guru tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
melakukan kolaborasi dengan guru kelas III SD Negeri 06 Lapai. Perancangan
penelitian disusun meliputi : 1) tempat penelitian 2) subjek penelitian, 3) waktu /
lama penelitian 4) siklus dan alur penelitian 5) perencanaan 6) pelaksanaan 7)
pengamatan dan 8) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN
06 Kampung Lapai yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 12 peserta didik
laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi, kriteia, dan catatan kecil.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil dari pembelajaran tematik pada
mata pelajaran bahasa Indonesia pada siklus I 69, pada siklus II 73, 26 dan pada
siklus III meningkat menjadi 90. Pada matapelajaran IPA siklus I 68,84, siklus II
70,76, siklus III 91,15. Pada matapelajaran matematikan nilai rata-rata siklus I
67,5, siklus II 70,57, dan pada siklus III 90,96. Berdasarkan hasil yang dicapai
oleh peserta didik dengan menggunakan pendekatan cooperative tipe TPS
menunjukan hasil kualifikasi baik. Dengan demikian peserta didik dalam
pembelajaran tematik sudah sangat baik dengan menggunakan pendekatan
cooperative tipe TPS

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:49
Last Modified: 27 Mar 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item
View Item