Pengaruh Pemberian Tes Awal dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan

Ramani, Ahmad (2011) Pengaruh Pemberian Tes Awal dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AHMAD_RAMANI_92561_3781_2012.pdf] Text
B1_1_AHMAD_RAMANI_92561_3781_2012.pdf

Download (135kB)

Abstract

Pelajaran Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran yang terkait
langsung dengan kehidupan sehari-hari sangat diperlukan dalam
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, kenyataan
menunjukkan bahwa siswa hasil belajar siswa dalam pelajaran ekonomi
masih rendah, dan salah satu faktornya adalah tidak tepatnya strategi yang
digunakan guru dalam pembelajaran. Pembelajaran ekonomi dilakukan oleh
guru, pada umumnya kurang variatif, interaktif, cenderung satu arah dan
kurang menimbulkan semangat siswa dalam belajar, sehingga pada
akhirnya hasil belajar ekonomi siswa tidak sebaik yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pemberian tes awal
dan motivasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Tembilahan.
Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2,
jumlah sampel 76 orang siswa yang tersebar di dalam 2 kelas. Data hasil belajar
diperoleh melalui tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data
menggunakan uji-t dan ANAVA.
Hasil analisis data mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar kelompok siswa
yang diajar dengan pemberian tes awal lebih tinggi dari pada hasil belajar
kelompok siswa yang diajar dengan tanpa pemberian tes awal tetapi tidak
signifikan. (2) Hasil belajar kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi yang
diajar dengan pemberian tes awal lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok
siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajar dengan tanpa pemberian tes awal
tetapi tidak signifikan. (3) Hasil belajar kelompok siswa dengan motivasi belajar
rendah yang diajar dengan pemberian tes awal lebih tinggi dari pada hasil belajar
kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajar dengan tanpa
pemberian tes awal tetapi tidak signifikan. (4) Tidak terdapat interaksi antara
pemberian tes awal dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:49
Last Modified: 27 Mar 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item
View Item