Utama, Apriyesya Dara (2012) Pengaruh Pemberian Speed Test dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_APRIYESYA DARA UTAMA_86232_2012.pdf [thumbnail of B1_3_APRIYESYA DARA UTAMA_86232_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_APRIYESYA DARA UTAMA_86232_2012.pdf
Download (409kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh berbagai faktor,salah satu diantaranya adalah pembelajaran biologi masih bersifat teachercentered, dan pemberian tes jarang dilakukan, sehingga siswa sering merasabosan, tidak tertarik dan tidak termotivasi dalam belajar, pada akhirnya siswatidak memahami materi yang telah dipelajari. Pemberian speed test dalam modelpembelajaran kooperatif tipe NHT diharapkan dapat meningkatkan aktifitas siswadalam pembelajaran biologi dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian speed test dalammodel pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasilbelajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo tahun pelajaran2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancanganrandomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duo. Sampel diambil secararandom sampling, didapatkan kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen denganjumlah siswa 32 orang dan VIII.6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa juga32 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasiltes akhir berupa soal objektif berjumlah 40 soal dari kedua kelas sampel yangterpilih, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Jika thitung > ttabel maka hipotesisditerima, dan sebaliknya.Dari hasil penelitian diperoleh thitung yaitu 2,80 dan ttabel yaitu 1,67 padaderajat kebebasan 62. Dengan demikian thitung > ttabel, yang berarti hipotesis yangdikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkanbahwa pemberian speed test dalam model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHead Together (NHT) berpengaruh positif yang berarti pada taraf signifikan 0,05terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Luhak Nan Duotahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR, BIOLOGI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:32 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4936 |