Pohan, Lisnahartati (2017) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Strategi Inkuiri Terbimbing di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LISNAHARTATI_POHAN_15170016_1380_2017.pdf [thumbnail of B1_01_LISNAHARTATI_POHAN_15170016_1380_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LISNAHARTATI_POHAN_15170016_1380_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam proses
pembelajaran, sebab isi dari bahan ajar yang disampaikan kepada peserta didik sangat menentukan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kurangnya ketersediaan buku siswa dan buku guru menjadi sesuatu hal yang penting untuk disikapi. Guru dalam proses pembelajaran masih berpedoman pada buku guru dan buku peserta didik yang disediakan oleh Kemendikbud. Terdapat kelemahan pada buku ajar yang digunakan dalam proses pembelajaan, sehingga perlu dilakukan pengembangan. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti ingin mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis strategi inkuiri terbimbing . Tujuan dari penilaian ini yaitu: mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis strategi inkuiri terbimbing untuk peserta didik kelas IV SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri Kota Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis
validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Data penelitian dari uji validitas diperoleh dengan melalui validasi bahan ajar. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan instrumen wawancara. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Langkah-langkah inkuiri adalah orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian meliputi tiap tahap 4-D pada cakupan define diperoleh hasil bahan ajar strategi inkuiri terbimbing mampu melatih siswa untuk belajar aktif dalam memecahkan suatu masalah. Tahap perancangan rata-rata validitas keseluruhan pada aspek kelayakan isi adalah 3,86 dengan kategori sangat valid. Tahap pengembangan untuk validitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.81 dengan kategori sangat valid. Praktikalitas dari hasil keterlaksanaan proses pembelajaran
diperoleh nilai 85%, dengan kategori sangat praktis, angket respon guru diperoleh nilai 86.11% dengan kategori sangat praktis, dan angket respon peserta didik diperoleh nilai 90% dengan kategori sangat praktis. Tahap penyebaran pada tahap
untuk efektivitas, didapatkan hasil persentase aktivitas peserta dididk 88.94% den. Hasil belajar peserta didik secara umum memberikan gambaran hasil yang sangat baik. Kesimpulan peneliti yaitu bahan ajar tematik terpadu berbasis strategi inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:52 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4888 |