Khairunnisa, Khairunnisa (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_KHAIRUNNISA_1100368_4938_2015.pdf [thumbnail of B1_KHAIRUNNISA_1100368_4938_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_KHAIRUNNISA_1100368_4938_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa siswa cenderung bosan untuk mengikuti pelajaran, hal ini terjadi karena guru belum mampu menerapkan model pembelajaran yang berfariasi di dalam kelas. Siswa yang pintar tidak peduli dengan temannya yang belum memahami materi pelajaran dan hal itu mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengatasi hal itu maka digunakanlah model dan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP negeri 5 Padang Panjang.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang yang berjumlah 237 orang yang terdiri dari 8 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purpossive sampling, yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpul data adalah tes dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII5 SMP Negeri 5 Padang Panjang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki pengaruh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantu media video dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 3,13, kelompok eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamen (TGT) berbantu media video memperoleh nilai rata-ratanya “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi, penerapan model kooperatif tipe TGT berbantu media video pada proses belajar pada mata pelajaran IPS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII5 SMP Negeri 5 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:30 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4879 |