Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan.

Olja, Lina (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_LINA_OLJA_14124029_1341_2017.pdf] Text
B1_01_LINA_OLJA_14124029_1341_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional hingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi salah tersebut diterapkan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
pendekatan kualitatif kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas atan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017 di SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasj dan basil tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pcmbahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Penerapan model Problem Based Learning dapat
meningkatkan aktivitas belajar matematika di kelas V SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan. 2) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:08
Last Modified: 26 Mar 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item
View Item