Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistim Pencernaan Manusia bagi Siswa Kelas V SD.

Iswari, Lili (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistim Pencernaan Manusia bagi Siswa Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_LILI_ISWARI_15170015_1247_2017.pdf] Text
B1_01_LILI_ISWARI_15170015_1247_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SD di SDN 28 Ganting Selatan. Media pembelajaran yang seharusnya membantu siswa dalam memahami serta meningkatkan keterampilan tidak dapat diakomodasi sepenuhnya oleh media yang telah digunakan. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang masih rendah yang ditunjukkan dari perolehan nilai pada kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sebab
itu peneliti mengembangkan dengan cara memodifikasi media pembelajaran berupa lembaran teks menjadi multimedia interaktif, dimana dalam proses pembuatannya menggabungkan gambar, suara, animasi, dan teks. Untuk media penyimpanan data, peneliti menggunakan CD (compact disc), karena kemasannya lebih menarik dan juga siswa bisa langsung melihat gambar dari covernya dibandingkan media penyimpanan data yang lain seperti placedisc atau harddisc. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia
intraktif interaktif yang valid, praktis dan efektif untuk mata pelajaran IPAkelas V. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE.Subjek uji coba pada penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN 28 Ganting Selatan beserta guru di kelas V. Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari proses pengembangan media untuk mata pelajaran IPA kelas V telah
menghasilkan media yang (1) valid baik dari aspek sebagai media, aspek bahasa dan aspek materi, (2) telah menghasilkan media yang praktis digunakan baik dari aspek siswa maupun guru, (3) telah menghasilkan media yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 04:03
Last Modified: 26 Mar 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item
View Item