Suri, Ainil Nilam (2014) Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Tema Permainan di Kelas 1 SDN 05 Birugo Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AINIL_NILAM_SARI_19781_3267_2014.pdf [thumbnail of B1_1_AINIL_NILAM_SARI_19781_3267_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AINIL_NILAM_SARI_19781_3267_2014.pdf
Download (875kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan pada kelas 1 SDN 05 Birugo, proses pembela
jaran tematik belum terlaksana dengan semestinya. Pembelajaran masih disajikan
secara terpisah-pisah per mata pelajaran. Aktivitas peserta didik seperti bernyanyi,
bertanyajawab, memperhatikan penjelasan guru, bermain, mewarnai belum terlak
sana dengan baik. Hal ini mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu upaya
untuk rneningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan pem
belajaran Model Quantum Teaching. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskrip
sikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas 1 SDN 05 Bi
rugo Bukittinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tin
dakan kelas. Penelitian terdiri atas tiga siklus, dan tiap siklus terdiri atas empat
langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian di
laksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian
adalah 26 orang peserta didik yang berada di kelas 1 SDN 05 Birugo Bukittinggi.
Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, instrumen tes, catatan la
pangan dan video. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Penelitian ini berhasil menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama,
penelitian ini dapat menunjukkan permasalahan yang terjadi selama proses pem
belajaran. Kedua, dengan menggunakan model quantum teaching terjadi pening
katan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas peserta didik
sebagai berikut aktivitas pada siklus I mencapai 51%, siklus II mencapai 69%, dan
pada siklus III mencapai 85%. Sedangkan hasil belajar aspek kognitif pada siklus
I adalah 85 %. Pada siklus II diperoleh 89% dan pada siklus III diperoleh 96%.
Hasil belajar aspek afektif pada siklus I rata-rata 68%, siklus II 75%, dan siklus
III adalah 84%. Hasil belajar aspek psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata
68%, siklus II 76% dan siklus III diperoleh 87%. Dapat disimpulkan bahwa peng
gunaan model quantum teaching pada pembelajaran tematik dengan tema per
maiman dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas I
SDN 05 Birugo Bukittingi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:04 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4833 |