Pengembangan Modul Psychological Well-Being untuk Narapidana Remaja

Rahmi, Akmil (2018) Pengembangan Modul Psychological Well-Being untuk Narapidana Remaja. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AKMIL_RAHMI_15151054_5667_2019.pdf] Text
B1_1_AKMIL_RAHMI_15151054_5667_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Psychological well-being memiliki peranan yang sangat penting bagi seseorang.
Pentingnya meningkatkan psychological well-being akan membantu seseorang,
termasuk Narapidana Remaja dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga ia
dapat mencapai kebahagiaan. Narapidana Remaja yang memiliki psychological well
being yang rendah, akan sulit menerima keadaan dirinya, merasa terisolasi dari
lingkungan sosial, tidak mampu mengambil keputusan sendiri, tidak memiliki tujuan
hidup yang jelas, tidak dapat berkembang ke arah yang baik dan mudah dipengaruhi
orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pembina di Lembaga Pembinaan
Khusus Anak (LPKA) untuk meningkatkan psychological well-being, salah satunya
menggunakan modul. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul
psychological well-being untuk Narapidana Remaja yang tepat, dan (2)
mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul psychological well-being untuk
Narapidana Remaja.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 orang ahli
untuk validasi modul, 3 orang pembina LPKA dan 5 orang Narapidana Remaja untuk
menguji keterpakaian modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan statistik non parametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul psychological well-being tepat
digunakan untuk Narapidana Remaja, (2) tingkat keterpakaian modul berada pada
kategori sangat baik. Dengan demikian, modul psychological well-being yang
dihasilkan dinyatakan tepat dan dapat dipakai oleh pembina LPKA sebagai media
yang relevan dalam memberikan pembinaan dan melatih Narapidana Remaja belajar
secara mandiri

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:32
Last Modified: 26 Mar 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4820

Actions (login required)

View Item
View Item