Marpaung, Martha (2010) Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 002 Kampung Dalam Kecamatan Siak Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARTHA_MARPAUNG_92580_3146_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MARTHA_MARPAUNG_92580_3146_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARTHA_MARPAUNG_92580_3146_2012.pdf
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) ada tidaknya perbedaan hasil
belajar IPA dengan mengunakan Metode CTL dan Metode konvensional; (2) perbedaan
hasil belajar IPA siswa dengan motivasi tinggi yang diajar dengan Metode pembelajaran
CTL dengan Metode Konvensional; (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan
motivasi rendah yang diajar dengan Metode CTL dengan hasil belajar IPA siswa dengan
motivasi rendah yang diajarkan dengan Metode Konvensional; ( 4) Interaksi antara
Metode CTL dan motivasi siswa terhadap hasil belajar
Populasi penelitian ini adalah 258 siswa terdiri dari 10 lokal yang diacak secara
random terpilih kelas 5b sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 32 siswa sedangkan
kelas 5a sebagai kelas Kontrol dan jumlah 32 siswa.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian
factorial design, dan diselenggarakan pada semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan Anava.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan Hasil belajar mata
pelajaran IPA siswa yang diajar dengan metode CTL lebih tinggi dari hasil belajar mata
pelajaran IPA siswa yang diajar dengan metode Konvensional, baik kelompok siswa
dengan motivasi tinggi maupun dengan motivasi rendah. Hasil belajar mata pelajaran IPA
siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan metode CTL lebih tinngi dari
pada hasil belajar mata pelajaran IPA siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan
dengan metode Konvensional dan Hasil belajar mata pelajaran IPA siswa dengan
motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan metode CTL lebih tingngi dibandingkan
dengan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa dengan motivasi belajar rendah yang
diajarkan dengan metode Konvensional
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:41 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4773 |