Afrianti, Nining (2017) Mengurangi Perilaku Stereotype Melalui Teknik Aversi untuk Siswa Autism X (Single Subject Research di SDLB 35 Painan Utara). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NINING_AFRIANTI_1304696_3817_2017.pdf [thumbnail of B1_02_NINING_AFRIANTI_1304696_3817_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NINING_AFRIANTI_1304696_3817_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDLB 35 Painan Utara, Seorang siswa autisme yang menunjukkan perilaku stereotype menjilat telapak tangan. Hal ini terlihat pada saat peneliti melakukan
pengamatan terhadap siswa tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa teknik aversi dapat mengurangi perilaku stereotype bagi siswa autisme X di SDLB 35 Painan Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR), dengan menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis
datanya menggunakan analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Subjek penelitian adalah siswa autisme X. Target behavior dalam penelitian ini adalah stereotype. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada baseline (A1) perilaku siswa meningkat. Pada intervensi (B) dengan prompting brucea javanica perilaku
stereotype menjilat telapak tangan siswa menurun. Dan pada baseline (A2) tanpa diberi perlakuan juga menurun. Dapat disimpulkan bahwa teknik aversi efektif untuk mengurangi perilaku stereotype menjilat telapak tangan pada siswa autsme X di SDLB 35 Painan Utara.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:34 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4767 |