Perbandingan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan SMA dan SMA dan SMK Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tahun Masuk 2013 FT UNP.

Hamid, Abdul (2017) Perbandingan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan SMA dan SMA dan SMK Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tahun Masuk 2013 FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ABDUL_HAMID_1201845_1852_2017.pdf] Text
B1_01_ABDUL_HAMID_1201845_1852_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan menduduki peranan yang sangat penting dalam upaya
meningkatkan kualitas manusia. Pada saat ini dunia pendidikan dihadapkan pada
tantangan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,
dan manpu menghadapi berbagai tantangan yang bersifat kompetitif. Era
globalisasi yang kompetitif saat ini menuntut usaha pengembangan sumber daya
manusia dengan segala dimensinya baik dibidang pengetahuan, nilai, dan sikap,
maupun keterampilan. Dalam rangka mempersiapkan SDM yang berkualitas,
pemerintah menyediakan sekolah pada jenjang pendidikan tingkat menengah atas
terdiri dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK). SMA/MA bertujuan untuk menyiapkan siswa yang
hendak melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan SMK bertujuan
untuk mempersiapkan siswa sebagai tenaga kerja yang produktif sesuai dengan
jurusan dan program keahlianya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian comparation yang bertujuan
untuk menyelidiki perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang berlatar
belakang pendidikan SMA/MA dan SMK Pada Program Studi PTB Tahun Masuk
2013 FT UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi
PTB Tahun Masuk 2013 FT UNP yang berjumlah 86 orang mahasiswa. Jumlah
sampel sebanyak 77 orang mahasiswa, sampel diambil dengan menggunakan
teknik proportionate stratified random sampling.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilaksanakan dan pengujian hipotesis
analisis Independent Samples T Test. Membuktikan bahwa tidak terdapat
perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa latar belakang pendidikan SMA dan
SMK pada Program Studi PTB Tahun Masuk 2013 FT-UNP. Perbandingan
prestasi belajar dilihat dari rata-rata IP (indek prestasi) mahasiswa yang berlatar
belakang SMA/MA pada semester awal lebih rendah dari mahasiswa latar
belakang SMK. Pada semester II dan III prestasi belajar mahasiswa latar belakang
SMA/MA tidak jauh berbeda. Pada semester IV mahasiswa latar belakang
SMA/MA lebih baik prestasi belajarnya dari mahasiswa latar belakang SMK.
Secara umum tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara latar belakang
pendidikan SMA/MA dan SMK pada Program Studi PTB Tahun Masuk 2013 FTUNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:53
Last Modified: 31 Jan 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item