Kontribusi Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Menengah Atas

Hasibuan, Ali Daud (2014) Kontribusi Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Menengah Atas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ALI_DAUD_HASIBUAN_1200003_3961_2014.pdf] Text
B1_1_ALI_DAUD_HASIBUAN_1200003_3961_2014.pdf

Download (681kB)

Abstract

Sartika (2013) mengungkapkan bahwa interaksi sosial siswa bermasalah karna
siswa memanggil teman dengan panggilan yang kurang disukainya, mempermalukan
teman, dan memperolok-olokkan teman dalam bermain. Siswa kurang mampu
menghormati sesama, kurang bekerjasama dengan anggota kelompok dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep diri, kepercayaan diri, dan
interaksi sosial siswa. Juga untuk melihat kontribusi konsep diri dan kepercayaan diri
terhadap interaksi sosial siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kontribusi antara variabel penelitian. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas yang
berjumlah 517 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 226 siswa, diambil dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan
adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, dan pengujian
hipotesis dilakukan dengan teknik analisis jalur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) konsep diri siswa berada pada kategori
tinggi dengan skor rata-rata 69,8 atau 69,8% dari skor ideal, 2) kepercayaan diri
siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 91,27 atau 76,1% dari skor
ideal, 3) interaksi sosial siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata
101,13 atau 77,79% dari skor ideal, 4) konsep diri berkontribusi terhadap interaksi
sosial sebesar 19,4%, 5) kepercayaan diri berkontribusi terhadap interaksi sosial
sebesar 21,9%, 6) konsep diri dan kepercayaan diri secara bersama-sama
berkontribusi terhadap interaksi sosial sebesar 28%, 7) konsep diri berkontribusi
terhadap interaksi sosial melalui kepercayaan diri sebesar 2%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:36
Last Modified: 25 Mar 2025 04:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4667

Actions (login required)

View Item
View Item