Marjani, Marjani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Teknik Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI SMK Dhuafa Padang Dengan Menggunakan Modul. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MARJANI_80513_2012_4224.pdf [thumbnail of B1_2_MARJANI_80513_2012_4224.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MARJANI_80513_2012_4224.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran menggambar, siswa sering mengalamikesulitan dalam memahami gambar pada lembaran kerja. Akibatnya prosespembelajaran menggambar berjalan lambat dan hasil belajar menggambar siswarendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak menggunakanmodul dalam mata pelajaran Menggambar Teknik Konstruksi Bangunan.Hipotesis penelitian ini adalah dengan menggunakan modul dapat meningkatkanhasil belajar Menggambar Teknik Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI SMKDhuafa Padang.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalahsiswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Konstruksi Bangunan SMK DhuafaPadang sebanyak 18 orang. Seluruh siswa diteliti dengan menggunakan teknikanalisis statistik deskriptif (persentase). Instrumen penelitian terdiri dari lembarobservasi dan lembar penilaian hasil menggambar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajarmenggambar dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar menggambarmeningkat dari 67 menjadi 73,89 dan siswa yang telah tuntas pada siklus I adalah27,78 %, sedangkan pada siklus II siswa yang telah tuntas meningkat menjadi88.89 %. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswadengan menggunakan modul. Peneliti menyarankan hendaknya dilakukanpenelitian lanjutan tentang pembelajaran menggambar yang diperkaya denganmodul agar memperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, KONSTRUKSI BANGUNAN, TEKNIK KONSTRUKSI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 01:22 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 01:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4594 |