Pengembangan E-module di Sentra Persiapan Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Safita, Maiyida (2022) Pengembangan E-module di Sentra Persiapan Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAIYIDA_SAFITA_20330019_3710_2022.pdf] Text
B1_1_MAIYIDA_SAFITA_20330019_3710_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan tentang
proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, bahwa media pembelajaran e-module
di sekolah belum tersedia dan belum pernah digunakan. Proses pembelajaran
mengacu pada kurikulum 2013, mengikuti zaman revolusi 4.0 saat ini
perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi sangat mendukung dalam
pengembangan media pembelajaran. Salah satunya e-module pembelajaran sebagai
pegangan guru dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk
menghasilkan e-module di sentra persiapan terhadap kemampuan berhitung pada
anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research &
Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk e-module dengan
menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Adapun model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yaitu
dengan analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Subjek penelitian ini adalah anak kelas B2 TK Permata Bunda, dengan jumlah
anak sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket, hasil validitas e-module dinyatakan valid dan e-module
sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 0,91
dan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,88. Hasil praktikalitas
e-module dinyatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 94%.
Hasil persentase efektivitas yaitu 84% dengan e-module dinyatakan efektif. Maka
dapat disimpulkan bahwa e-module di sentra persiapan terhadap kemampuan
berhitung pada anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 00:52
Last Modified: 25 Mar 2025 00:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item
View Item