Efektivitas Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemecahan Masalah Konseptual Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar

Azian, Irdawati (2022) Efektivitas Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemecahan Masalah Konseptual Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_IRDAWATI_AZIAN_17124079_5175_2022.pdf] Text
B1_01_IRDAWATI_AZIAN_17124079_5175_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya pembelajaran yang konkret dan efektif berdasarkan kurikulum 2013 serta pemilihan pendekatan pembelajaran yang belum sesuai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pendekatan RME berpengaruh terhadap pemecahan masalah konseptual siswa di SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk SSR. Desain pada penelitian ini yaitu A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat 3 kondisi yaitu Baseline (A1), Internevi (B) dan Baseline (A2).Subjek penilitian yang digunakan yaitu subjek tunggal seorang siswa kelas IV sdn 01 Matua, Kabupaten Agam. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Basline (A1) 41%, 50%, 50% dan 50%. Intervensi (B) diperoleh 58%, 66% 75%, 83%, 85%, 91%, 91%, 100%, 100%, 100%. Baseline (A2) diperoleh 50%, 58%, 58% dan 58%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efeltif terhadap pemecahan
masalah konseptual siswa kelas IV SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan terhadap pemahaman konseptual siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:08
Last Modified: 24 Mar 2025 05:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item
View Item