Pengaruh Motivasi Belajar, Aktivitas Bermain dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Motorik Anak Kelas (IV Dan V) Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Makkah Siak Hulu Riau.

Bakri, Irdas (2021) Pengaruh Motivasi Belajar, Aktivitas Bermain dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Motorik Anak Kelas (IV Dan V) Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Makkah Siak Hulu Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_IRDAS_BAKRI_19199073_2044_2021.pdf] Text
B1_01_IRDAS_BAKRI_19199073_2044_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Makkah Siak Hulu Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh langsung dan tidak langsung, serta pengaruh simultan variabel eksogen terhadap variabel endogen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dan V Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Makkah yang berjumlah 121 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Pusposive Sampling, sehingga sampel adalah siswa laki-laki kelas IVa putra dan
Va putra yang berjumlah 44 orang. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket, aktivitas bermain menggunakan angket, perhatian orang tua menggunakan angket dan kemampuan motorik menggunakan tes Scott Motor Ability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap aktivitas bermain (p21 = 0,866, dan sumbangan sebesar 75%), (2) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan motorik (py1 = 0,304 dengan sumbangan sebesar 9,24%), (3) Terdapat pengaruh
langsung aktivitas bermain terhadap kemampuan motorik (py2 = 0,291 dengan sumbangan sebesar 8,47%), (4) Terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap kemampuan motorik (py3 = 0,425 dengan sumbangan sebesar 18,06%), (5) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan aktivitas bermain secara simultan terhadap perhatian orang tua (Rsquare = 0,761 dengan sumbangan sebesar 76,1%), (6) Terdapat pengaruh tidak langsung motivasi belajar melalui perhatian orang tua terhadap kemampuan motorik (p31.py3 = 0,395 > py1= 0,304 dengan sumbangan pengaruh total sebesar 48,9%), (7) Terdapat pengaruh tidak langsung aktivitas bermain melalui perhatian orang tua terhadap kemampuan motorik (p32.py3 = 0,416 > py2= 0,291 dengan sumbangan pengaruh total sebesar 50,12%), dan (8) terdapat motivasi belajar, aktivitas bermain dan perhatian orang tua secara simultan terhadap kemampuan motorik (Rsquare = 0,960 dan tabel Anova diperoleh nilai Sig. = 0,002/2 = 0,001 < α = 0,05 atau sebesar 96%).

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Olahraga-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:56
Last Modified: 24 Mar 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item
View Item