Komparasi Motivasi Belajar Siswa antara Metode Pembelajaran Ceramah dengan Metode Pembelajaran Tanya Jawab pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Nan Sabaris

Hamzah, Deny (2021) Komparasi Motivasi Belajar Siswa antara Metode Pembelajaran Ceramah dengan Metode Pembelajaran Tanya Jawab pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DENY_HAMZAH_17045053_2774_2021.pdf] Text
B1_01_DENY_HAMZAH_17045053_2774_2021.pdf

Download (11MB)

Abstract

Peran guru sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan guru saat mengajar akan mempengaruhi proses dari pembelajaran itu. Namun kenyataanya terjadi kesenjangan antara motivasi belajar siswa dengan cara guru mengajar. Hal ini yang menjadi dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan metode ceramah dengan metode tanya jawab pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Porpusive Sampling. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Hipotesis penelitian di uji dengan uji t-test pada taraf 0,05 dan dk=68, sebelum menggunakan uji t-test dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji Normalitas dan Homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis rata-rata skor motivasi belajar siswa pada pembelajaran Geografi yang belajar menggunakan metode pembelajaran tanya jawab yaitu 3,9 dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran ceramah yaitu 3,5 dengan kategori sedang. Dari hasil analisis uji-t diiperoleh t-hitung > t-tabel (3,121 > 1,49) pada taraf signifikan α 0,05. Hal ini ternyata hipotesis yang diajukan diterima (H1
diterima, H0 ditolak). Hal ini bererti terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan metode tanya jawab dengan metode ceramah pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Nan Sabaris.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:59
Last Modified: 24 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item
View Item