Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD

Febrina, Lylga (2020) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_LYLGA_FEBRINA_1303939_2887_2021.pdf] Text
B1_1_LYLGA_FEBRINA_1303939_2887_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang
menarik minat peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis dalam
pembelajaran tematik di kelas IV SD. Peserta didik kurang diarahkan untuk
menulis sesuai dengan tahapan menulis yaitu pra menulis, saat menulis, dan pasca
menulis. Hal ini menyebabkan hasil tulisan peserta didik belum sesuai dengan
yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar
keterampilan menulis berbasis model pembelajaran kooperatif tipe round table
dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Sitiung. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas IV SD berjumlah 18 peserta didik. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari
4 tahap yaitu: tahap define, design, develop, dan disseminate. Data uji validitas
diperoleh melalui validasi bahan ajar, data praktikalitas diperoleh dari
keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik, data keefektifan
dilihat dari aktivitas peserta didik dan penilaian keterampilan menulis.
Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 89% dengan
kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa bahan ajar dapat
memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dan dapat menarik minat
guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP yang
diperoleh sebesar 93% dengan kategori sangat praktis, respon guru sebesar 97,7%
dengan kategori sangat praktis, dan respon peserta didik sebesar 94% dengan
kategori sangat praktis. Selanjutnya, bahan ajar telah memberikan dampak,
pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat dari hasil
aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, oleh
sebab itu bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis berbasis
model pembelajaran tipe round table dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD
telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:59
Last Modified: 24 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item
View Item