Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif Berbasis Adobe Flash di Kelas V Sekolah Dasar

Syupriyanti, Lora (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif Berbasis Adobe Flash di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_LORA_SYUPRIYANTI_17124033_4081_2019.pdf] Text
B1_1_LORA_SYUPRIYANTI_17124033_4081_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat komunikasi untuk mengefektifkan proses belajar
mengajar. Dengan menggunakan media akan membantu tercapainya suatu tujuan
pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di lapangan pada umumnya masih
kurang inovatif, berukuran kecil dan belum menggunakan teknologi. Media pembelajaran
audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang menggabungkan komponen
suara (audio) dan komponen gambar (visual). Pembelajaran menggunakan audio visual
interaktif bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran, menumbuhkan kekreatifan dan
inovasi pendidik dalam mendesain pembelajaran yang komunikatif dan interaktif, serta
sebagai jalan permasalahan di tengah kesibukan pendidikan.Untuk itu dikembangkan media
pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi
pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah
menghasilkan media pembelajaran audio visual interaktif yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development).
Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate).
Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data penelitian dari
uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media pembelajaran. Data kepraktisan
dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
angket respon guru dan peserta didik. Data keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta
didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual interaktif
berbasis adobe flash yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik
isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan dalam
pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami,
serta penyajiannya sesuai dengan karakteristik siswa SD. Hasil pengamatan dan angket
menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan
tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat
siswa untuk belajar. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 86%. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual interaktif berbasis adobe
flash yang dikembangkan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan
efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Audio Visual, Adobe Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:57
Last Modified: 24 Mar 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item
View Item