Parlina, Laura (2016) Pengembangan Media Papan Flanel dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LAURA_PARLINA_1303953_3706_2016.pdf [thumbnail of B1_1_LAURA_PARLINA_1303953_3706_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LAURA_PARLINA_1303953_3706_2016.pdf
Download (397kB)
Abstract
Guru berperan penting dalam mengembangkan media pembelajaran yang
efektif untuk mendorong kemajuan siswa dalam belajar. Sementara itu media
yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
Mengatasi hal itu, perlu dicari solusi berupa pengembangan media media papan
flanel dalam pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan dan menghasilkan media papan flanel untuk pembelajaran
tematik terpadu di kelas II SD.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Tahap
define dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis
konsep. Tahap design dilakukan perancangan terhadap RPP dan media
pembelajaran. Tahap Development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi
RPP dan media, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP,
angket respon guru dan siswa dan lembar observasi, uji efektifitas diperoleh dari
penilaian aktivitas siswa dan hasil belajar. Tahap Dessiminate dilakukan
penyebaran media dengan skala yang lebih luas.
Hasil penelitian pada tahap design RPP dan media yang dirancang
mengikuti langkah-langkah pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian pada
tahap development pada uji validitas didapat bahwa nilai rata-rata validitas RPP
3,7 dengan kategori sangat valid, rata-rata validitas media adalah 3,33 dengan
kategori valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP diperoleh rata-rata
3,48 kategori praktis. Angket respon guru diperoleh rata-rata 3,44 kategori praktis
dan angket respon siswa diperoleh rata-rata praktikalitas 3,27 kategori praktis.
Hasil uji efektivitas didukung oleh penilaian aktivitas dengan rata-rata 86,53
dengan kategori sangat baik, penilaian sikap siswa dengan rata-rata 3,31 dengan
predikat baik, penilaian pengetahuan dengan rata-rata nilai 78 predikat baik,
penilaian keterampilan rata-rata 3,15 dengan predikat baik. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa media papan flanel yang dikembangkan berada pada
kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:37 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4413 |