Ermiwati, Sri (2023) Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh Untuk Literas Budaya Melayu Riau di Taman Kanak-kanak Melati Kabupaten Rokan Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_ERMIWATI_20330080_7157_2023.pdf [thumbnail of B1_01_SRI_ERMIWATI_20330080_7157_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_ERMIWATI_20330080_7157_2023.pdf
Download (308kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya dalam pembelajaran yang
dikaitkan dengan Literasi Budaya Melayu Riau. Padahal pengenalan Literasi
Budaya Melayu Riau sangat penting bagi anak sebagai jati diri dan warisan budaya
yang ada di lingkungan masyarakatnya. Pengenalan Literasi Budaya Melayu Riau
penting agar anak mudah diterima di lingkungan masyarakat dan sebagai upaya
pelestarian dan pewarisan budaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video
animasi Putri Tujuh untuk literasi budaya Melayu Riau pada anak di Taman
Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation).
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji
validitas, praktikalitas, dan efektifitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media
video animasi pada tahap analysis video animasi diperlukan untuk literasi budaya
Melayu Riau dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Tahap design, dengan
menyusun indikator, subtema dan materi pembelajaran, kemudian merancang
rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format video animasi,
rancangan awal produk, proses produksi, dan pasca produksi video animasi. Tahap
Development menghasilkan konten pengembangan media video animasi yang
divalidasi oleh ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 98%, validasi
ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 86,66%, validasi
ahliinstrumen budaya dinyatakan sangat valid dengan persentase 93%. Tahap
Implementation, penerapan media video animasi dinyatakan sangat praktis dengan
persentase 92,85% dan dinyatakan sangat efektif dengan persentase 89,48%.
Tahap Evalution, video animasi dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran
dan dapat mengenalkan literasi budaya Melayu Riau pada anak. Video animasi
putri tujuh untuk literasi budaya Melayu Riau pada anak usia dini dinyatakan
sangat valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VIDEO ANIMASI. LITERASI, BUDAYA, MELAYU RIAU |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4376 |