Fatmawati, Kiki (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 149/VIII Muara Tebo. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KIKI_FATMAWATI_14124028_4281_2016.pdf [thumbnail of B1_1_KIKI_FATMAWATI_14124028_4281_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KIKI_FATMAWATI_14124028_4281_2016.pdf
Download (662kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas peserta didik
dikarenakan dalam pembelajaran IPA guru masih memberikan konsep-konsep
yang terdapat di dalam buku yang harus dihafal oleh peserta didik untuk
menemukan konsep tersebut yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA di
kelas V SDN 149/VIII Muara Tebo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
peningkatan aktivitasdan hasil belajar IPA dengan menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
secara berkolaborasi. Peneltian dilakukan dalam 2 siklus, dimulai pada bulan
maret sampai dengan april 2016. Penelitian berlokasi di SDN 149/VIII Muara
Tebo dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Data
penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes. Keefektifan tindakan pada
setiap siklus dari hasil observasi dan tes dideskripsikan kemudian direfleksikan
untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Instrument penelitian
berupa lembar observasi dan lembar tes.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada
pembelajaran IPA aktivitas belajar siswa yang diamati yaitu: Listening activities,
oral activities, mental activities dan emotional activities. Peningkatan aktivitas
terlihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,62 pada siklus II menjadi 82,21.
Aktitivitas meningkat 16,59% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar
terlihat pada nilai rata-rata aspek kognitif siklus 1 dengan nilai rata-rata 60 pada
siklus II menjadi 71. Pada aspek afektif siklus I dengan nilai rata-rata 67,90 pada
siklus II menjadi 75,88. Aspek afektif meningkat 7,98% dari siklus I kesiklus II.
Pada aspek psikomotor siklus I dengan nilai rata-rata 67,72 pada siklus II menjadi
75,88. Aspek psikomotor meningkat 8,16% dari siklus I kesiklus II. Kesimpulan
penelitian bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4374 |