Penerapan Strategi The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang Tahun Pelajaran 2013/2014

Yuniana, Erita (2014) Penerapan Strategi The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ERITA_YUNIANA_15974_6107_2014.pdf] Text
B1_1_ERITA_YUNIANA_15974_6107_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika yang terdapat pada Standar Isi Kurikulum 2013. Namun
berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMP Adabiah Padang terlihat bahwa
pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan
pembelajaran di sekolah belum melibatkan siswa secara aktif untuk dapat
memahami konsep matematika. Siswa tidak dibiasakan bekerja dalam kelompok
untuk menemukan konsep maupun mendiskusikan soal-soal metematika. Padahal
pada saat observasi terlihat siswa cenderung lebih senang berdiskusi. Salah satu
upaya yang dilakukan yaitu menerapkan strategi pembelajaran aktif yaitu strategi
The Power of Two yang memfasilitasi siswa aktif secara mandiri maupun secara
berpasangan untuk saling berbagi pengetahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP
Adabiah Padang yang mengikuti pembelajaran melalui strategi The Power of Two
apakah lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design.
Populasi penelitian adalah semua kelas VIII SMP Adabiah Padang kecuali kelas
VIII1 dan VIII2 yang merupakan kelas unggul. Penarikan sampel dilakukan
dengan teknik pengambilan sampel acak sehingga diperoleh kelas VIII7 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian
berupa tes akhir pemahaman konsep dan dianalisis dengan menggunakan Uji-U.
Berdasarkan hasil analisis data tes kemampuan pemahaman konsep, diperoleh Pvalue
= 0,003 α = 0,05, berarti ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan
menggunakan strategi The Power of Two lebih baik daripada kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:03
Last Modified: 21 Mar 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item
View Item