Nurman, Restiana (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RESTIANA_NURMAN_96349_5370_2013.pdf [thumbnail of B1_1_RESTIANA_NURMAN_96349_5370_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RESTIANA_NURMAN_96349_5370_2013.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikanketerampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Batang Anaidengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Kedua,mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas XSMAN 1 Batang Anai sebelum menggunakan metode Problem Based Learning(PBL). Ketiga, menganalisis pengaruh metode Problem Based Learning (PBL)terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1Batang Anai.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimendan rancangan penelitian The One Group Pretest-Postest. Populasi penelitian iniadalah siswa kelas X SMAN 1 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran2012/2013, sedangkan sampel penelitian ini ada 31 orang siswa yang diambil dari10% jumlah populasi. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja. Data penelitianadalah skor tes menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 BatangAnai. Penganalisisan data dilakukan dengan delapan langkah berikut: (1)membaca dan mengoreksi tulisan siswa sesuai indikator, (2) mengolah skormenjado nilai dengan menggunakan rumus persentase, (3) menafsirkanketerampilan menulis karangan argumentasi berdasarkan rata-rata hitung, (4)mengklasifikasikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa, (5)menampilkan data keterampilan menulis karangan argumentasi dalam bentukdiagram batang, (6) melakukan uji hipotesis, (7) menganalisis dan membahas datapenelitian, dan (8) menyimpulkan hasil pembahasan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan menulis karanganargumentasi siswa kelas X SMAN 1 Batang Anai sebelum menggunakan metodePBL berada pada kualifikasi cukup (58,8); (2) keterampilan menulis karanganargumentasi siswa kelas X SMAN 1 Batang Anai dengan menggunakan metodePBL berada pada kualifikasi baik (85,7); dan (3) hasil uji-t menunjukkan thitunglebih besar daripada ttabel, (5,7> 2,04). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkanbahwa penggunaan metode PBL berpengaruh secara signifikan terhadapketerampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Batang Anaipada derajat kebebasan n-2 dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,7> 2,04,yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan kata lain, keterampilanmenulis karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Batang Anai denganmenggunakan metode PBLlebih baik daripada keterampilan menulis karanganargumentasi sebelum menggunakan metode PBL.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE PROBLEM BASED LEARNING,KETERAMPILAN MENULIS, ARGUMENTASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4309 |