Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Penggunaan Media PowerPoint di Kelas V SD Negeri 012 Tempuling

Zaman, Kamru (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Penggunaan Media PowerPoint di Kelas V SD Negeri 012 Tempuling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_KAMRU_ZAMAN_52898_707_2013.pdf] Text
B1_1_KAMRU_ZAMAN_52898_707_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 012 Tempuling
mempengaruhi hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI). Hasil belajar mereka masih belum mampu mencapai kriteria ketuntasan
minimum yakni 65. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut
dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Teknologi yang
digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah media
PowerPoint.
Penelitian ini dilakukan dengan desain Penelitian Tindakan Kelas dan
dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus mencakupi empat tahap penelitian yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan
dengan lembaran pengamatan, catatan lapangan, kuesioner, dan tes hasil belajar. Data
dikumpulkan pada semester I tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa hasil
pengamatan kolaborator adalah 85,16%. Pada siklus II, meningkat menjadi 83,17%
dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86,29%. Aktivitas belajar menurut
persepsi siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas belajar menurut
persepsi siswa adalah 74,82%. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,82%
dan menjadi 92,30% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga meningkat setelah
adanya perbaikan. Hasil belajar siswa pada siklus I telah mencapai kriteria
ketercapain yakni 74,19% namun pada siklus II hasil belajar siswa mengalami sedikit
penurunan menjadi 67%. Kemudian, dilakukan perbaikan pada siklus III sehingga
hasil belajar siswa meningkat lagi dari hasil belajar siklus II maupun dibandingkan
dengan siklus I yakni menjadi 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran PAI dapat memberikan dampak
yang positif berupa peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:04
Last Modified: 21 Mar 2025 04:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item
View Item