Kamilah, Kamilah (2012) Pengaruh Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dan Kemampuan Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Rambah Rokan Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_KAMILAH_51921_6381_2012.pdf [thumbnail of B1_1_KAMILAH_51921_6381_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_KAMILAH_51921_6381_2012.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perbedaan hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan metode SQ3R dengan hasil belajar
Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional; (2)
perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang kemampuan membaca tinggi yang
diajar dengan menggunakan metode SQ3R dan metode konvensional; (3) perbedaan
hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang kemampuan membaca rendah yang diajar
dengan metode SQ3R dan metode konvensional; (4) interaksi antara metode
pembelajaran dengan kemampuan membaca terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Muhammadiyah Rambah yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa masing-masing
kelas sebanyak 38, 38, dan 31 orang. Sampel dalam penelitian ini telah dipilih secara
acak. Dari pengacakan diperoleh kelas XI. IPS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI.IPS1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan
rancangan penelitian susunan faktorial 2 x 2. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan
membaca dan tes hasil belajar pada semester III pada tahun pelajaran 2010/2011
dianalisis dengan Uji-t dan Anava.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : (1) hasil belajar siswa diajarkan
dengan menggunakan metode SQ3R lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar
dengan metode konvensional, (2) hasil belajar kelompok siswa dengan kemampuan
membaca tinggi yang diajar dengan metode SQ3R lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa dengan kemampuan membaca tinggi yang diajar dengan metode konvensional, (3)
hasil belajar kelompok siswa dengan kemampuan membaca rendah yang diajar dengan
metode SQ3R lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kemampuan membaca
rendah yang diajar dengan metode konvensional, dan (4) tidak terdapat interaksi antara
penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan membaca dalam mempengaruhi hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4305 |