Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Helda, Resti Adna (2020) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RESTI_ADNA_HELDA_15124053_91_2020.pdf] Text
B1_1_RESTI_ADNA_HELDA_15124053_91_2020.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami kesulitan dalamketerampilanmenulis pantun. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai yang diperolehsiswa dalam menulis pantun. Setiap siswa memiliki motivasi belajar. Apabilamotivasi belajar siswa tinggi, maka hasil belajarnya baik. Sebaliknya, motivasibelajar siswa rendah, maka hasil belajarnya rendah. Fenomena ini membuatpeneliti tertarik melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkaninformasi tentang pengaruh penggunaan Pendekatan Contextual Teaching andLearning (CTL)dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun padasiswa kelas V SD NegeriGugus I Kota Pariaman.Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasyeksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus I KotaPariaman tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 Sekolah dengan jumlah 168orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random samplingdan didapat SD Negeri 21 JKA sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 02 KAsebagai kelas konrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket motivasibelajar dan tes unjuk kerja keterampilan menulis pantun.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan menulis pantun padasiswa yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada keterampilanmenulis pantun pada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengannilai thitung = 2,879 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,010); (2) keterampilanmenulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajardengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada keterampilan menulis pantun padasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan pendekatankonvensional dengan nilai thitung = 2,432 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,063);(3) keterampilan menulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajarrendah yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripadaketerampilanmenulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajardengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,477 dan taraf signifikansi0,05 (ttabel = 2,063); dan (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antarapendekatan CTL dengan motivasi siswa terhadap keterampilan menulis pantundengan nilai Fhitung = 0,299 dan taraf signifikansi 0,05 (Ftabel = 4,022). Berdasarkanpenelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatanCTL dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelasV SD NegeriGugus I Kota Pariaman. Rekomendasi penelitian ini adalahpendekatan CTL dapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa pendekatan CTLdan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilanmenulis pantun.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN MENULIS, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:08
Last Modified: 21 Mar 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item
View Item