Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MDTA Muhammadiyah Aur Kuning

Saparina, Kaila (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MDTA Muhammadiyah Aur Kuning. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_KAILA_SAPARINA_1203711_2202_2015.pdf] Text
B1_1_KAILA_SAPARINA_1203711_2202_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah
(MDTA) Muhammadiyah Aur Kuning masih monoton seperti menyimak,
mencatat, dan latihan serta verbalistis. Pembelajaran dilakukan dengan
memberikan penekanan pada konsep-konsep yang terdapat dalam buku.
Pembelajaran yang dilakukan kurang menarik dan menantang bagi siswa. Siswa
kurang aktif karena pembelajaran didominasi oleh guru. Guru hanya
memanfaatkan buku cetak, papan tulis, dan spidol sebagai sarana pembelajaran.
Guru belum bisa menghadirkan media yang bervariasi berupa media audio, audio
visual, video, dan multimedia karena sarana untuk itu belum tersedia di madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media visual berupa pengembangan
media pembelajaran berbasis game yang valid, praktis, dan efektif pada mata
pelajaran Bahasa Arab agar siswa aktif dalam belajar.
Pengembangan media pembelajaran berbasis game menggunakan model
4D yang mencakup Define, Desain dan Develop. Pengembangan ini tidak sampai
pada Disseminate karena keterbatasan penelitian. Penelitian dimulai dengan
analisis kebutuhan, mendesain dan mengembangkan media pembelajaran berbasis
game serta menganalisis media yang dikembangkan. Hasil pengembangan media
pembelajaran berbasis game ini diuji validitasnya oleh tujuh ahli yang
mengkonfirmasi keabsahan media dan dilakukan uji praktikalitas oleh guru dan
siswa serta uji efektivitas oleh siswa sebagai pengguna media pembelajaran.
Media pembelajaran berbasis game yang dikembangkan adalah media
pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk menciptakan siswa aktif pada
mata pelajaran Bahasa Arab. Bagi guru disarankan agar menggunakan media
pembelajaran berbasis game sebagai salah satu sumber belajar pada mata
pelajaran Bahasa Arab. Media ini dapat menjadikan siswa aktif dalam
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:55
Last Modified: 21 Mar 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item
View Item