Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar.

Sarie, Resca Corrina (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RESCA_CORRINA_SARIE_17124052_4036_2019.pdf] Text
B1_1_RESCA_CORRINA_SARIE_17124052_4036_2019.pdf

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar siswa di SDkota Padang. Hal ini disebabkan antara lain karena pembelajaran yang masihdidominasi oleh guru. Siswa masih terfokus pada cara yang diajarkan oleh gurudan belum bisa bekerjasama dalam kelompok dengan dengan baik. Untukmengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STADdan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Indarung Padang yang terdaftarpada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 43 siswa. Pemilihansampel dilakukan secara random sampling. Kelas eksperimen adalah siswa kelasIVA dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas IVB SDN 20 Indarung Padang.Instrumen penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes tertulis. Analisis datadilakukan dengan menggunakan uji t dan ANAVA dua arah untuk interaksi.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada Tema 8menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metodekonvensional. (2) Hasil belajar siswa pada Tema 8 yang memiliki MotivasiBelajar Tinggi menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripadametode konvensional. (3) Hasil belajar siswa pada Tema 8 yang memilikimotivasi belajar rendah menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baikdaripada metode konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara modelkooperatif tipe STAD dengan metode konvensional dan motivasi belajar terhadaphasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:54
Last Modified: 21 Mar 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item
View Item