Kontribusi Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD Negeri Gugus I Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaen Pesisir Selatan

Junaidi, Junaidi (2013) Kontribusi Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD Negeri Gugus I Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaen Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JUNAIDI_59922_3460_2013 .pdf] Text
B1_1_JUNAIDI_59922_3460_2013 .pdf

Download (551kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi adalah : (1) sebagian guru kurang memberikan
teladan kepada siswa dalam pembelajaran,( 2) sebagian guru kurang loyal dalam
memberikan pembelajaran, (3) sebagian guru kurang peduli dengan lingkungan
sekolah,( 4) sebagian guru kurang disiplin dalam melaksanakan tugas, 5) sebagian
guru kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, (6) masih ada
sebagian guru yang kurang menghargai dan menghormati sesama warga sekolah,
(7) menurunya etos kerja guru, (8) penggunaan bahasa dan kata-kata yang
memburuk kepada siswa, 9) masih terlihat membudayanya perilaku tidak ketidak
jujuran oleh guru dalam hal ini guru meninggalkan sekolah untuk keperluan lain,
10) masih terlihat rasa saling curiga mencurigai sesama guru, (11) sebagian guru
yang masih rendah tanggung jawab dalam melaksakan tugas, (12) sulitnya guru
dalam mengatasi aksi-aksi tawuran yang dilakukan siswa sehingga dapat
meresahkan masyarakat, (13) sebagian guru kurang memberikan kesempatan pada
siswa dalam mengembangkan dirinya,(14) Pada pihak lain kebanyakan guru tidak
suka di supervisi walaupun hal itu merupakan bagian dari proses pengembangan
dan pembinaan atas pekerjaannya.(15) sebagian guru kurang terinspirasi dan
tidak mau belajar dalam perkembangan pendidikan karena kesibukan yang tidak
terarah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Gugus
I Painan kecamatan IV Jurai Kabup[aten Pesisir Selatan yang PNS sebanyak 158
orang. Sampel penelitian menggunakan stratified proportional random sampling
didapatkan sampel sebanyak 78 orang. Instrumen yang digunakan berupa
kuisioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yaitu deskripsi
data, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis yang diolah dengan
menggunakan computer versi 17.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim sekolah berkontribusi
terhadap kinerja guru guru SD Negeri Gugui I Painan Kecamatan IV Jurai
Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 13,9%, Kecerdasan
emosional berkontribusi terhadap kinerja guru SD Negeri Gugui I Painan
Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 15,0%,
Iklim sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru sebesar 23,20%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk
meningkatkan kinerja guru yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui iklim
sekolah dan kecerdasan emosional

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:41
Last Modified: 21 Mar 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item
View Item