Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Inayah Ujungbatu

Juliardi, Juliardi (2014) Pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Inayah Ujungbatu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JULIARDI_1109853_167_2014.pdf] Text
B1_1_JULIARDI_1109853_167_2014.pdf

Download (766kB)

Abstract

Sumber Belajar agar dapat berfungsi secara optimal dalam pembelajaran
perlu dikelola dengan sebaik-baiknya dengan berbagai kegiatan. Pengadaan ini
seperti pengadaan, produksi, penyimpanan, distribusi dan pemanfaatan. Lembaga
yang mempunyai tugas untuk mengelola berbagai sumber belajar tersebut adalah
Pusat Sumber Belajar (PSB). Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan
peneliti di SDIT Inayah, ditemukan bahwa sumber belajar belum dikelola oleh
satu unit yang disebut dengan PSB. Hal ini menyebabkan kurang efektifnya
proses pembelajaran.Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu model PSB.
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan PSB yang valid untuk
pengelolaan sistem pelajaran yang efisen dan efektif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangandengan menggunakan four-D models. Tahap disseminate
tidak dilakukan karena memerlukan waktu yang terlalu lama. Untuk menentukan
validitas PSB dilakukan validasi dan focus group discussion (FGD) terhadap PSB
yang dikembangkan. Setelah diadakan perbaikan berdasarkan saran dari validator
kemudian dilakukan FGD bersama guru dan karyawan SDIT Inayah untuk
menghasilkan PSB yang valid.
Hasil penelitian ini berupa model PSB SDIT Inayah yang terdiri darisistem
pembelajaran, bidang kegiatan, struktur organisasi, jumlah dan kualifikasi tenaga,
sarana dan prasarana, Standard Operating Procedures (SOP), pembiayaan, dan
desain gedung. Sistem pembelajaran menjadikan PSB sebagai tempat belajar dan
sumber informasi. Pada bidang kegiatan, SOP, struktur organisasi, jumlah dan
kualifikasi tenaga, dan desain gedung sebagai model pengelolaan PSB yang
menjadikan efektif dan efisiennya proses pembelajaran. Pada pembiayaan
digunakan model unit cost.
Disimpulkan bahwa model PSB SDIT Inayah yang dikembangkan pada
penelitian ini adalah valid. Akhirnya peneliti menyarankan kepada pihak SDIT
Inayah supaya menggunakan model PSB yang dikembangkan ini dalam proses
pembelajaran agar proses pembelajaran lebih efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:37
Last Modified: 21 Mar 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item
View Item