Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengubah Sikap Siswa terhadap Bullying di SMP Negeri 2 Padang

Olva, Hermivia (2017) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengubah Sikap Siswa terhadap Bullying di SMP Negeri 2 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HERMIVIA_OLVA_15151023_5381_2017.pdf] Text
B1_01_HERMIVIA_OLVA_15151023_5381_2017.pdf

Download (659kB)

Abstract

Sikap siswa terhadap bullying di sekolah menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan siswa melakukan tindakan bullying. Tingkah laku berawal dari apa yang dipikirkan, dirasakan, dan yang akan dilakukan siswa terhadap sesuatu.
Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah salah satu pendekatan untuk mengubah pemikiran yang irasional tentang bullying dan bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan yang efektif untuk menunjang pelaksanaan pendekatan REBT dalam rangka mengubah sikap siswa terhadap
bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan REBT untuk mengubah sikap siswa terhadap bullying di SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment melalui rancangan The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, berjumlah 10 orang kelompok kontrol dan 10 orang kelompok eksperimen yang teridentifikasi memiliki sikap terhadap bullying yang sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Instrumen penelitian menggunakan skala sikap terhadap bullying yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian, kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS 20. Temuan penelitian ini memperlihatkan secara umum layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan REBT efektif dalam mengubah sikap siswa terhadap bullying. Secara khusus: (1) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara sikap siswa terhadap bullying pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah melakukan kegiatan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan
REBT, di mana skor rata-rata sesudah perlakuan lebih rendah secara signifikan dibandingkan sebelum perlakuan, (2) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara sikap siswa terhadap bullying kelompok kontrol sebelum dan sesudah melakukan bimbingan kelompok tanpa menggunakan pendekatan REBT, di mana skor rata-rata sesudah perlakuan mengalami penurunan secara signifikan, (3) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara sikap siswa terhadap bullying kelompok eksperimen yang melakukan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan REBT dengan kelompok kontrol yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa menggunakan pendekatan REBT.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:41
Last Modified: 21 Mar 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item
View Item