Reza, Andrea (2022) Pengembangan Game Edukasi untuk Penanaman Nilai Kemuhammadiyahan Berbasis Android pada Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ANDREA_REZA_20330002_5929_2022.pdf [thumbnail of B1_1_ANDREA_REZA_20330002_5929_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ANDREA_REZA_20330002_5929_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana prasarana
pembelajaran untuk penanaman nilai kemuhammadiyahan. Oleh karena itu,
dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan dan
bisa digunakan setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
game edukasi dalam menanamkan nilai kemuhammadiyahan dengan cara
yang lebih menarik yang berbasis android.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan 10 tahap dari Sugiyono 2021.
Langkah-langkah penelitian dimulai dari (1) potensi dan masalah, (2)
pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk,
(6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi
produk, dan (10) produksi masal. Peneliti membatasi penelitian hingga tahap
tujuh (7) revisi produk.
Uji coba produk dilakukan pada anak Kelompok B di Taman Kanak
kanak „Aisyiyah Kota Bukittinggi dengan tema lingkungan subtema
lingkungan sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Hasil penelitian ini adalah
media game edukasi berbasis android dengan uji validitas dari para ahli
menunjukkan bahwa program ini sangat valid, di mana pada aspek materi
diperoleh nilai 96%, dan pada aspek media diperoleh nilai 90%. Adapun
hasil dari nilai persentase efektifitas posttest yang telah dilakukan diperoleh
nilai 82.22% yang termasuk ke dalam kategori sangat efektif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media game edukasi untuk
penanaman nilai kemuhammadiyahan berbasis android pada Taman Kanak
kanak Aisyiyah Bukittinggi dinyatakan valid dan sangat efektif untuk
digunakan karena menggunakan aplikasi yang bisa dipakai untuk semua
guru dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4279 |