Marsari, Henni (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_HENNI_MARSARI_20124012_1533_2023.pdf [thumbnail of B1_01_HENNI_MARSARI_20124012_1533_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_HENNI_MARSARI_20124012_1533_2023.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk mampu mengantarkan peserta didik memiliki keterampilan 4C (creativity, critical thinking, communication, and collaboration) dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar buatan guru yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, sebab masih mengandalkan buku tema yang diedarkan oleh pemerintah sehingga keterampilan 4C dalam diri peserta didik belum tercapai yang mengakibatkan peserta didik belum termotivasi maksimal dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar STEM
untuk Kelas III SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III sekolah dasar dengan total peserta didik sebanyak 58 orang dari tiga sekolah dasar di Kabupaten Pasaman Barat. Data penelitian adalah data hasil pengembangan bahan ajar STEM untuk kelas III SD. Penelitian menunjukkan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan diperoleh rata-rata 92,7 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan peserta didik diperoleh ratarata 92,85 dan 92,93 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar ini juga ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata literasi sains peserta didik setelah menggunakan bahan ajar STEM sebesar 87 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar STEM untuk kelas III sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:08 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4263 |