Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung

Mailisa, Defia Putri (2014) Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DELFIA_ PUTRI_ MAILISA_97009_4525_2014.pdf] Text
B1_01_DELFIA_ PUTRI_ MAILISA_97009_4525_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung (2) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung (3) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung (4) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan analisis jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah 282 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh hasil sampel sebanyak 74 orang. Sampel diambil dengan menggunakan metode Random Sampling (probability sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan
angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, analisis jalur, dan uji
hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F melalui bantuan program SPSS versi 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Lubuk Alung, dimana nilai thitung>ttabel yaitu (2,083>1,994). (2)Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung, dimana nilai thitung > ttabel yaitu (8,159>1,993). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung, dimana thitung > ttabel yaitu (6,112>1,994). (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara manajemen kelas terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening, dimana fhitung > ftabel yaitu (57,102>3,126).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KELAS MOTIVASI BELAJAR HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:34
Last Modified: 21 Mar 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item
View Item