Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 7 Lembah Gumanti

Suryadi, Rofi (2017) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 7 Lembah Gumanti. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ROFI_SURYADI_15124056_3025_2017.pdf] Text
B1_01_ROFI_SURYADI_15124056_3025_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pengaruh hasil belajar dengan
menggunakan media interaktif dan model konvensional antara siswa yang
mengikuti media interaktif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran
kovensional, (2) mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPA siswa yang memiliki
motivasi tinggi antara kelas eksperimen dengan siswa yang memiliki motivasi
tinggi kelas kontrol, (3) mendeskripsikan ada atau tidak pengaruh hasil belajar
IPA siswa yang memiliki motivasi rendah antara kelas eksperimen dengan siswa
yang memiliki motivasi rendah kelas kontrol, (4) mendeskripsikan interaksi antara
media interaktif dengan motivasi siswa terhadap hasil belajar.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 7 Sungai Nanam
Kabupaten Solok tahun pelajaran 2015/2016. Sampel di ambil dengan purposive
sampling. Penelitian ini dirancang menggunakan metode eksperimen semu
(Quasy Experiment) dengan desain faktorial 2x2, media interaktif sebagai variabel
bebas sedangkan motivasi belajar sebagai variabel moderator atau variabel
psikologi, prestasi belajar sebagai variabel terikat. Data di analisis dengan
menggunakan ANAVA dua arah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh hasil
belajar IPA siswa dengan menggunakan media interaktif dan model konvensional
dengan nilai thitung = 4,435 pada taraf nyata α = 0,05 (2) terdapat pengaruh hasil
belajar IPA kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan
menggunakan media interaktif dan model pembelajaran konvensional dengan nilai
thitung = 5,389 pada taraf nyata α = 0,05 (3) tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang mempunyai motivasi
rendah dengan menggunakan media interaktif dan model pembelajaran
konvensional dengan nilai thitung = 0,505 pada taraf nyata α = 0,05 (4) terdapat
interaksi antara motivasi belajar dan model pembelajaran dalam mempengaruhi
hasil belajar IPA thitung = 7,108 pada taraf nyata α = 0,05

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Mar 2025 00:29
Last Modified: 21 Mar 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item
View Item