Yolanda, Rendy Novri (2019) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pembagian Berbasis Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RENDY_NOVRI_YOLANDA_17124112_2240_2019.pdf [thumbnail of B1_1_RENDY_NOVRI_YOLANDA_17124112_2240_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RENDY_NOVRI_YOLANDA_17124112_2240_2019.pdf
Download (840kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemuipada awal penelitian. Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakanbahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik pembagian masihrendah, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan secaramekanistik sehingga pembelajaran kurang bermakna dan cepat terlupakan. Olehsebab itu, dirancang Local Instructional Theory (LIT) berbasis RealisticMathematics Education (RME) yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitianyang digunakan adalah development research approach, dengan menggunakanDesign research yang dikemukakan Gravemeijer & Cobb. Subjek uji coba berasaldari siswa kelas III SDN wilayah IV kecamatan Koto Tangah Kota Padang.Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen,observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara statistikdeskriptif dan statistik parametrik. Hasil validasi menunjukkan LIT valid yangterlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik, dan penyajian yang sesuai dengan prinsipdan karakteristik RME. Hasil uji coba juga menunjukan kategori sangat praktisyang terlihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan siswa danketersediaan waktu sehingga siswa dapat melakukan serangkaian aktivitas belajarLIT. Selain itu, LIT berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa yangefektif. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa yang menggunakan LIT dengan tidak menggunakanLIT. Uji hipotesis menunjukan data kelas eksperimen lebih tinggi dari data kelaskontrol.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LOCAL INSTRUCTIONAL THEORY, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 00:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4232 |