Anida, Anida (2020) Pengembangan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Alam Minangkabau untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak–Kanak Mawar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ANIDA-17330006_293_2020.pdf [thumbnail of B1_1_ANIDA-17330006_293_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ANIDA-17330006_293_2020.pdf
Download (673kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku panduan model
pembelajaran saintifik berbasis Budaya Alam Minangkabau untuk perkembangan
kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Mawar. Model ini
dikembangkan sesuai dengan Budaya Alam Minangkabau kegiaatan tradisional
Padang Pariaman yaitu pelaksanaan Maulud Nabi SAW. Kegiatan ini bertujuan
untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Melalui pengembangan tema dan
sub tema serta indikator yang dilaksanakan menurut kurikulum 2013 PAUD.
Penelitian ini menggunakan metode research and development dari ADDIE
dengan 5 (lima) langkah. Langkah-langkah pengembangan model pembelajaran
saintifik berbasis Budaya Alam Minangkabau untuk perkembangan kognitif anak
usia 5-6 tahun adalah :(1) Untuk menganalisa. Analisis terhadap: (a) Analisis
kebutuhan (b) Analisis Kurikulum. (c) Analisis perserta didik (d) Analisis
Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. (e) Menganalisis model pengembangan
pembelajaran, metode yang digunakan dan perkembangan kognitif anak usia 5-6
tahun. (2) Mendesain rancangan produk sesuai dengan kebutuhan (3) Development
(pengembangan), tahap pengembangan merupakan tahap analisis produk dilakukan
validasi oleh validator model, validator bahasa, validator materi dan guru serta
validator perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Pada tahap selanjutnya
dilakukan validasi terhadap instrumen praktikalitas dan instrumen efektifitas serta
instrumen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun (4) Implementation
(penerapan), tahap ke empat yaitu implementasi dilakukan secara terbatas pada TK
Mawar kelas B1 dengan jumlah 15 orang anak pada lembaran observasi yang dapat
digunakan RPPM, RPPH dan LKA format digunakan format perkembangan kognitif
anak usia 5-6 tahun dan penyebaran angket pada respoden guru. (5) Evalution
(Evaluasi), pada tahap rancangan kita melakukan review ahli untuk memberikan
input terhadap rancangan yang dibuat dalam uji coba produk buku panduan
pembelajaran saintifik berbasis Budaya Alam Minangkabau untuk perkembangan
kognitif anak usia 5-6 Tahun. Permasalah dalam menyusun buku tersebut adalah (1)
Penerapan kurikulum 2013 PAUD belum optimal dilaksanakan (2) Pada proses
pembelajaran guru kurang memahami pendekatan saintifik, (3) Kepala sekolah dan
guru Taman Kanak-kanak Mawar masih belum menerapkan kurikulum 2013 PAUD
secara optimal sehingga perkembangan kognitif anak juga belum optimal.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4224 |