Melamita, Anisa (2022) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Setting Kelompok untuk Mengatasi Tendensi Perilaku Self Injury pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ANISA_MELAMITA_19151002_455_2023.pdf [thumbnail of B1_1_ANISA_MELAMITA_19151002_455_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ANISA_MELAMITA_19151002_455_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Self injury merupakan perilaku menyakiti diri sendiri yang rentan terjadi
saat siswa memasuki usia sekolah menengah pertama, berdasarkan fenomena
yang terjadi di lapangan yaitu setelah disebarkan instrumen tendensi perilaku self
injury kepada siswa, maka didapati beberapa siswa yang memiliki tendensi untuk
dapat melakukan perilaku self injury, hal ini dapat dilihat dari siswa yang
memiliki nilai positif terhadap faktor penyebab perilaku self injury yaitu
diantaranya seperti regulasi afek, hukuman diri sendiri, pengaruh interpersonal,
anti disosiasi, anti bunuh diri, mencari sensasi, dan batas antar pribadi, sehingga
perlu adanya upaya pengentasan tendensi perilaku self injury pada siswa melalui
pemberian layanan dengan menggunakan pendekatan REBT setting kelompok.
Pendekatan ini memandang keyakinan-keyakinan irasional yang akhirnya
mengakibatkan timbulnya tingkah laku yang negatif yang dilakukan oleh individu.
Penelitian ini mengungkapkan perbedaan tendensi perilaku self injury pada siswa
sebelum dan susudah diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan
REBT setting kelompok.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. jenis
pre exsperiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Jenis
pengambilan sampel menggunakan non-random sampling, dengan teknik
penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 12 orang siswa kelompok eksperimen yang tertendensi melakukan
perilaku self injury. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu statistik non-parametrik. Instrumen penelitian ini menggunakan skala
tendensi perilaku self injury yang telah memenuhi syarat instrumen penelitian,
dengan menggunakan model Skala Likert dengan reliabilitas sebesar 0, 969,
kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test
dengan bantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan
antara tendensi perilaku self injury siswa sebelum dan sesudah diberikan
perlakukan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy setting
kelompok. 2) nilai skor posttest lebih rendah dibandingkan dengan nilai skor
pretest. 3) Hal ini menggambarkan adanya penurunan yang signifikan tendensi
perilaku self injury yang dimiliki siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakukan
menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy setting kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian maka pendekatan rational emotive behavior therapy
setting kelompok efektif untuk mengatasi tendensi perilaku self injury pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4221 |