Reinita, Reinita (2011) Peningkatan Proses Pembelajaran PKn melalui Penggunaan Values Clarification Technique Model Percontohan di Kelas II SD Pembangunan UNP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_REINITA_91507_3483_2012.pdf [thumbnail of B1_1_REINITA_91507_3483_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_REINITA_91507_3483_2012.pdf
Download (153kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti di SD Pembangunan tanggal 18 dan 25Juli 2009 bahwa proses pembelajaran PKn masih bersifat konvensional dominanmenggunakan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitandalam menghayati dan menerapkan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Karena itudirasa perlu untuk meningkatkan proses pembelajaran PKn. Penggunaan ValuesClarification Technique model percontohan diduga dapat mengatasi kelemahankelemahan guru dalam membelajarkan PKn. Model ini dapat memperjelas sikapyang harus dihayati dan diterapkan, memudahkan proses internalisasi danpersonalisasi sikap pada siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiantindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru.Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan denganempat tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Data penelitian adalah 1). perencanaan pembelajaran, 2). pelaksanaanpembelajaran, 3). penilaian pembelajaran. Sumber data adalah guru dan siswakelas II. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan,wawancara. Analisis data dilakukan dengan model analisis kualitatif dankuantitatif sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Values Clarification Technique ModelPercontohan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran PKn dapatmeningkatkan proses pembelajaran PKn di kelas II SD Pembangunan UNP.Peningkatan terlihat pada : 1). RPP yang sudah memuat rumusan indikator dantujuan pembelajaran secara multi ranah, langkah pembelajaran sudah membinadan melatih penerapan prilaku, penilaian sudah berbentuk tes dan non tes, 2).Pelaksanaan pembelajaran sudah membelajarkan pengetahuan sikap danketerampilan, 3). Penilaian pembelajaran sudah menilai pengetahuan sikap danketerampilan siswa. Peningkatan proses pembelajaran PKn terlihat dari perolehannilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan 6,85 menjadi 7,26 pada siklus Idan pada siklus II meningkat menjadi 8,57 dan mampunya siswa memahamikonsep, menghayati, menerapkan sikap dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN PKN, MODEL PERCONTOHAN, VALUES CLARIFICATION TECHNIQUE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4220 |