Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran dan Hasil Belajar PKn terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Kota Solok.

Putri, Refni Widia (2015) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran dan Hasil Belajar PKn terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_REFNI_WIDIA_PUTRI_19803_1737_2015.pdf] Text
B1_1_REFNI_WIDIA_PUTRI_19803_1737_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa SD di Kota Solok khususnyakelas III belum memuaskan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaranyang berlangsung hanya menekankan peserta didik untuk mencontoh danmenghafal. Akibatnya, ketika peserta didik dihadapkan pada suatupermasalahan atau bentuk soal yang berbeda mereka tidak mampumenyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)apakahkemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajardengan pendekatan pembelajaran konstrtuktivistik lebih baik daripadapeserta didik yang belajar dengan pendekatan konvensional? 2) apakahkemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan hasilbelajar PKn tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan hasil belajarPKn rendah? 3) apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajarandan hasil belajar PKn dalam mempengaruhi kemampuan pemecahanmasalah matematika?Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenispenelitian eksperimen, dan dengan desain faktorial 2 x 2. Populasipenelitian adalah SD Negeri di Kota Solok yang setara dan sampelpenelitian adalah SDN 03 Kampung Jawa dan SDN 17 Aro IV Korong,yang dibagi atas 4 kelas, 15 siswa pada masing-masing kelas, yang diambilsecara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalahdaftar centang hasil belajar afektif PKn dan tes kemampuan pemecahanmasalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitianini yaitu uji-F dan dilanjutkan dengan uji lanjutan berupa uji Tukey.Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa 1) kemampuanpemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar denganpendekatan pembelajaran konstruktivistik lebih baik secara signifikandaripada peserta didik yang belajar dengan pendekatan pembelajarankonvensional, 2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik denganhasil belajar PKn tinggi lebih baik secara signifikan daripada peserta didikdengan hasil belajar PKn rendah, 3) terdapat interaksi antara pendekatanpembelajaran dan hasil belajar PKn dalam mempengaruhi kemampuanpemecahan masalah matematika peserta didik. Setelah dilakukan ujilanjutan berupa uji Tukey didapatkan kesimpulan bahwa pembelajarankonstruktivistik lebih cocok untuk peserta didik dengan hasil belajar PKntinggi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN PEMBELAJARAN, PEMECAHAN MASALAH, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:39
Last Modified: 20 Mar 2025 06:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item
View Item