Jannah, Raudhatul (2019) Efektivitas Layanan Informasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RAUDHATUL_JANNAH_16151065_4771_2019.pdf [thumbnail of B1_1_RAUDHATUL_JANNAH_16151065_4771_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RAUDHATUL_JANNAH_16151065_4771_2019.pdf
Download (491kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik dalam kegiatan belajarmenunjukkan perilaku self control yang rendah, yakni pada proses kegiatan belajarberlangsung peserta didik melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan prosesbelajar. Peserta didik juga mudah marah, menunda membuat tugas, dan jenuh dalambelajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan self control peserta didik adalahdengan layanan informasi model problem based learning. Penelitian ini bertujuanuntuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan model problem basedlearning untuk meningkatkan self control peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahQuasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen danpeserta didik kelas VIII.8 sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 13 Padang.Instrumen penelitian yang digunakan adalah self control dengan skala model Likert.Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji KolmogorovSmirnov Two Independent Sampel.Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi model problem basedlearning efektif untuk meningkatkan self control peserta didik. Terjadi peningkatanskor self control pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompokeksperimen mengalami peningkatan lebih besar daripada kelompok kontrol. Implikasidari hasil penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada guruBK dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling agar menggunakan layananinformasi model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN INFORMASI, MODEL EMBELAJARAN, PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 05:27 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4203 |