Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa

Ismawati, Anna (2023) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANNA_ISMAWATI_21151004_5525_2023.pdf] Text
B1_1_ANNA_ISMAWATI_21151004_5525_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu memiliki keunggulan dan kelemahan dalam dirinya, namun
kerap kali individu hanya memandang dirinya dari segi kelemahan saja, hal tersebut
dapat menyebabkan self esteem individu menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) mengungkapkan perbedaan self esteem siswa kelompok eksperimen
sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi menggunakan model
cooperative learning tipe jigsaw, (2) mengungkapkan perbedaan self esteem siswa
kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi tanpa
menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dan (3) Mengungkapkan
perbedaan self esteem pada kelompok eksperimen yang mengikuti layanan
informasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelompok
kontrol yang mengikuti layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative
learning tipe jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian
eksperimen, sedangkan desain penelitian yang dipilih adalah quasi experiment
design dengan model the non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian
ini 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Penarikan
sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan
model skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon signed ranks test
dan kolmogorov-smirnov two independent sampels dengan bantuan SPSS versi
20.00.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat perbedaan yang
signifikan self esteem siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti
layanan informasi dengan menggunakan cooperative learning tipe jigsaw, (2)
terdapat perbedaan yang signifikan self esteem siswa kelompok kontrol sebelum
dan sesudah mengikuti layanan informasi tanpa menggunakan model cooperative
learning tipe jigsaw, (3) terdapat perbedaan yang signifikan self esteem siswa
kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan model
cooperative learning tipe jigsaw, dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan
informasi tanpa menggunakan model cooperative learning tipe. Temuan ini dapat
disimpulkan bahwa layanan informasi menggunakan model cooperative learning
tipe jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:14
Last Modified: 20 Mar 2025 06:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item
View Item