Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Pelaksanaan Tugas Guru di SD Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan

Jufrijon, Jufrijon (2013) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Pelaksanaan Tugas Guru di SD Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_JUFRIJON_19091_3942_2014.pdf] Text
B1_1_JUFRIJON_19091_3942_2014.pdf

Download (218kB)

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa pelaksanaan tugas
guru SD Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh masih kurang baik. Ini terlihat
dari kurang baiknya persiapan perangkat pembelajaran yang dirancang guru, serta
kurang baiknya pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak
lanjut yang dilakukan guru. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap
pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan.
Peneliti menduga hal itu bertautan dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Motivasi Kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Pelaksanaan Tugas
Guru SD Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Hipotesis yang diuji dalam
penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap
Pelaksanaan Tugas Guru, (2) Motivasi Kerja berkontribusi terhadap Pelaksanaan
Tugas Guru, (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja secara
bersama-sama berkontribusi terhadap Pelaksanaan Tugas Guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Koto
Parik Gadang Diateh yang berjumlah 174 orang. Sampel penelitian berjumlah 70
orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional Random Sampling,
dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan sertifikat pendidik.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah
teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik
korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala
Sekolah berkontribusi terhadap Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 17,8%, (2)
Motivasi Kerja berkontribusi terhadap Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 32,8%,(3)
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja secara bersama-sama
berkontribusi terhadap Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 42,9%. Selanjutnya hasil
analisis deskriptif mengungkap bahwa Pelaksanaan Tugas Guru dan Motivasi
Kerja berada pada kategori baik (87,58% dan 88,74%), sedangkan Kepemimpinan
Kepala Sekolah masih berada pada kategori cukup dengan skor 74,66% dari skor
ideal.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah
dan Motivasi Kerja adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap
Pelaksanaan Tugas Guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut
berpengaruh terhadap Pelaksanaan Tugas Guru yang tidak dikaji dalam penelitian
ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 04:25
Last Modified: 20 Mar 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item
View Item