Kasmadi, Jon (2013) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN 1 Sungai Penuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_JON_KASMADI_1104030_942_2014.pdf [thumbnail of B1_1_JON_KASMADI_1104030_942_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_JON_KASMADI_1104030_942_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam prakteknya pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sungai
Penuh seperti yang diharapkan dalam pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi
hendaknya guru mampu menciptakan lingkungan belajar yang dapat memberikan
rangsangan atau tantangan sehingga para pelajar tertarik untuk belajar aktif. Pada
batasan tertentu makin aktif perilaku belajar seseorang, makin besar hasil belajar
yang diperolehnya, ini berarti aktifitas atau partisipan aktif seorang siswa sangat
menentukan keefektifan pelaksanaan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang proses pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Sungai
Penuh, antara lain (a) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia, (b)
pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, (c) evaluasi pembelajaran bahasa
Indonesia.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Objek penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran mata
pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sungai Penuh.
Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, perekaman, dan
pencatatan. Kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan dan memaknai hasil
penelitian.
Berdasarkan hasil peneliti di lapangan menunjukkan bahwa guru
pembelajaran Bahasa Indonesia telah membuat rencana pembelajaran walaupun
belum maksimal seperti yang diharapkan dalam membuat perencanaan
pembelajaran berbasis kompetensi, guru telah melaksanakan pelaksanaan
pembelajaran dengan menginformasikan materi dengan tahap-tahap pembelajaran
mulai dari memperkenalkan materi hingga siswa memasuki kawasan
penyampaian materi secara utuh, evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemajuan
dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar, memberi umpan
balik untuk proses pembelajaran, menentukan kenaikan kelas dan kelulusan
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:25 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4194 |